apa itu iso 9001:2015

Pengertian ISO 9001

Apa itu ISO 9001?

ISO 9001 adalah acuan standar yang digunakan untuk membangun sistem manajemen mutu perusahaan. Standar ini memuat persyaratan-persyaratan yang diperlukan dalam membangun dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu di perusahaan. Sertifikat ISO 9001 adalah bukti bahwa perusahaan telah berhasil memenuhi komitmen terhadap persyaratan pelanggan dan sistem berstandar internasional. Standar ini dapat diterapkan oleh berbagai jenis industri dan skala bisnis.

Apa itu ISO 9001:2015?

ISO 9001:2015 adalah standar internasional yang mengatur sistem manajemen mutu (Quality Management System/QMS) pada organisasi. Diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan diakui internasional sebagai tolok ukur dalam mengelola kualitas sebuah organisasi. Standar Internasional ini menggunakan pendekatan proses yang menggabungkan siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA) dan dasar pemikiran berbasis risiko.

ISO 9001:2015 adalah standar ISO yang berlaku saat ini. Dimana diterbitkan pada 2015 dan menggantikan versi sebelumnya yaitu ISO 9001:2008. Di Indonesia standar ini diadopsi secara identik oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) menjadi SNI ISO 9001:2015. Dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015, organisasi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan keefektifan sistem secara berkelanjutan.

SNI ISO 9001:2015 merupakan persyaratan Sistem Manajemen Mutu yang bertujuan untuk:

  • Membangun kesadaran mutu (Quality Awareness)
  • Menumbuhkan kepekaan terhadap krisis (Sense of Crisis)
  • Meningkatkan rasa kepemilikan (Sense of Belonging).
  • Peningkatan berkelanjutan (Continuous Improvement)

Baca juga: Apa saja persyaratan sertifikasi PPIU?

Prinsip ISO 9001

7 Prinsip ISO 9001 yang harus dipenuhi dalam penerapan ISO 9001:2015 di perusahaan.

  1. Customer Focus (Fokus Pelanggan)
  2. Leadership (Kepemimpinan)
  3. Engagement of People (Keterlibatan SDM)
  4. Process Approach (Pendekatan proses)
  5. Improvement (Perbaikan)
  6. Evidence Based Decision Making (Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta)
  7. Relationship Management (Manajemen Hubungan)

Baca juga: Apa itu LSPPIU yang sekarang menjadi LSUHK?

Kenapa harus memilih LSSM Ekualindo?

ISO 9001:2015 membahas berbagai aspek pengelolaan mutu organisasi yang mencakup perencanaan, pengendalian, pengukuran, dan perbaikan. Standar ini dirancang untuk membantu organisasi menciptakan sistem manajemen mutu yang lebih efektif, efisien, dan responsif terhadap perubahan pasar dan pelanggan. Dengan melakukan penerapan iso 9001:2015 di perusahaan akan membantu lebih memahami tentang persiapan, penetapan, implementasi, pemantauan, pemeliharaan dan peningkatan sistem manajemen mutu sesuai kebutuhannya.

Sertifikasi ISO 9001 adalah sebuah proses penilaian kelayakan organisasi, bisnis, atau perusahaan dalam menunjukkan konsistensi, komitmen, dan tanggung jawab dalam mengelola kualitas. Organisasi yang berhasil memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi persyaratan internasional sistem manajemen mutu dan terus melakukan perbaikan berkelanjutan. Hal ini dapat menumbuhkan dan meningkatkakan kepercayaan pelanggan, pihak berkepentingan, dan publik terhadap kualitas produk dan layanan organisasi.

Baca juga: Pengenalan SISKOPATUH Kemenag Sistem Komputerisasi Pengelolaan Umrah dan Haji Khusus

LSSM Ekualindo merupakan Lembaga Penilai Kesesuaian (LPK) yang berada di bawah pengawasan Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan telah terakreditasi oleh KAN dengan nomor LSSM-079-IDN. Ekualindo memiliki skema ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dengan ruang lingkup Konstruksi, Pendidikan dan Administrasi Publik. Kami siap membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 sesuai kebutuhan perusahaan anda. Besaran biaya sertifikasi ISO 9001 ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan hasil diskusi bersama Ekualindo.

Baca juga: Alur Pembuatan Paket Umrah hingga Kepulangan di Aplikasi Siskopatuh Kemenag

Segera Dapatkan Penawaran Sertifikasi Terbaik Sekarang!

Wujudkan perubahan yang lebih baik dan efisien untuk Perusahaan Anda. Temukan solusi dan kemudahan sertifikasi dengan proses cepat, tepat dan biaya terjangkau.

Posted in
ISO 9001
×

Hallo!

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke info@ekualindo.com

× Layanan Sertifikasi Ekualindo