langkah sukses Implementasi iso di perusahaan

Setiap organisasi harus memahami betapa pentingnya proses sertifikasi ISO yang bisa memberikan manfaat kepada organisasi. Sertifikasi ISO memastikan bahwa standar yang bisa diimplementasikan mampu menaikkan nilai bisnis dimana karyawan akan menemukan kesulitan untuk mengelolanya. Dengan melakukan implementasi ISO, organisasi akan mampu melaksanakan praktek kerja secara efisien dan organisasi bisa lebih fokus pada tujuan bisnis organisasi dalam mencapai sebuah sistem yang akan membantu semua staf dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Baca juga: 3 Strategi Implementasi Standar ISO di Perusahaan

Langkah Implementasi ISO di Perusahaan 

Terdapat beberapa proses agar Penerapan ISO di Perusahaan berjalan sukses.

  • Komitmen manajemen puncak 

Komitmen dan peran manajemen puncak sangat penting untuk keberhasilan implementasi ISO, karena akan lebih sulit untuk mempengaruhi perubahan di seluruh organisasi tanpa adanya komitmen dari Manajemen Puncak. 

  • Analisis kesenjangan proses

Analisis kesenjangan melibatkan perbandingan kinerja aktual dan kinerja yang disyaratkan standar ISO. Standar ini memungkinkan organisasi untuk menjaga dan menyempurnakan sistem, prosedur dan proses yang sudah berjalan sebelumnya. 

  • Melakukan komunikasi internal 

Manajer senior perlu memiliki komunikasi internal dan proses yang baik dalam organisasi. Karyawan juga harus ikut terlibat secara langsung dan diberikan informasi tentang apa yang sudah dilakukan oleh organisasi dalam implementasi yang sedang dijalankan. 

  • Membentuk tim ISO

Manajemen puncak bertanggung jawab untuk membentuk tim ISO dalam organisasi dan memberikan pemahaman mengenai bagaimana suatu divisi bisa bekerja satu sama lain. 

  • Komunikasi stakeholder

Hubungan organisasi dengan stakeholder dibangun berdasarkan konsep kebermanfaatan yang membangun kerjasama agar bisa menciptakan hubungan bisnis. 

  • Menentukan jadwal 

Manajemen perlu membuat layout dan mengkomunikasikan rencana tentang kegiatan dan jangka waktu proses implementasi sistem manajemen ISO. 

  • Training ISO

Penyelenggaraan training ISO untuk para staff sangat dibutuhkan sebelum melakukan audit internal untuk sistem manajemen yang sedang diterapkan. 

Manfaat ISO bagi Perusahaan 

Penerapan standar ISO di organisasi memiliki sejumlah manfaat, termasuk:

  • Perusahaan dapat mendaftar di lembaga sertifikasi dan menjalani audit secara berkala.
  • Klien dapat dengan mudah menemukan pemasok yang memiliki sertifikasi ISO.
  • Standar ISO menjadi pedoman bagi para staf untuk bekerja tanpa atau dengan minimal kesalahan.
  • Penerapan ISO menghasilkan perubahan positif dalam budaya mutu organisasi perusahaan, karena mendorong upaya untuk memperoleh sertifikasi ISO.
  • Sertifikasi ISO berfungsi sebagai bukti implementasi sistem dan penting untuk penelusuran saat terjadi masalah.
  • Menerapkan standar ISO dapat membantu menghindari perbedaan persepsi dan mencapai hasil yang konsisten meskipun pekerjaan berbeda.

Penerapan standar ISO tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas, tetapi juga meningkatkan reputasi mereka, memperluas akses pasar, dan memenuhi persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku.

Segera Dapatkan Penawaran Sertifikasi Terbaik Sekarang!

Wujudkan perubahan yang lebih baik dan efisien untuk Perusahaan Anda. Temukan solusi dan kemudahan sertifikasi dengan proses cepat, tepat dan biaya terjangkau.

Posted in
Standar ISO
×

Hallo!

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke info@ekualindo.com

× Layanan Sertifikasi Ekualindo