ISO 9001:2015 - Sistem Manajemen Mutu

Apa itu ISO 9001:2015?

ISO 9001:2015 adalah suatu standar tentang sistem manajemen mutu yang penerapannya di organisasi dimaksudkan untuk meningkatkan mutu produk dan layanan, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kinerja organisasi dan kepuasan pelanggan. Standar yang berfokus pada sistem manajemen kualitas produk atau jasa. ISO 9001:2015 memiliki kerangka kerja untuk membantu dalam membangun, menerapkan, mengelola dan meningkatkan sistem manajemen kualitas di organisasi. Fokus utama standar ini adalah kepuasan pelanggan, pengendalian proses, peningkatan berkelanjutan, dan manajemen risiko.

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah audit pihak ketiga yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi seperti PT. EKUALINDO ARTHA SINERGI yang telah terakreditasi oleh KAN (Komisi Akreditasi Nasional) dengan nomor akreditasi: LSSM-079-IDN. Audit pihak ketiga ini memverifikasi bahwa suatu organisasi telah memenuhi persyaratan ISO 9001 dan akan menerbitkan sertifikat ISO 9001. Sertifikasi ini kemudian dipertahankan melalui audit survailen tahunan yang dijadwalkan secara berkala oleh lembaga sertifikasi serta sertifikasi ulang (re – sertifikasi) dilakukan setiap tiga tahunan.

Manfaat ISO 9001:2015

ISO 9001:2015 membantu organisasi dalam fokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu, organisasi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, baik melalui penyediaan produk atau layanan yang konsisten dan berkualitas maupun dengan mengatasi masalah atau keluhan pelanggan dengan lebih efektif.

Standar ISO 9001:2015 mendorong organisasi untuk mengadopsi pendekatan berbasis proses dalam manajemen mereka. Ini membantu dalam mengidentifikasi, memahami, dan mengendalikan proses bisnis secara lebih efektif. Dengan demikian, organisasi dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi waktu dan biaya yang tidak perlu, dan meningkatkan produktivitas.

ISO 9001:2015 memperkenalkan konsep pengendalian kualitas yang ketat, termasuk pemeriksaan kualitas, pengendalian dokumentasi, pengelolaan perubahan, dan pengawasan proses produksi atau penyediaan layanan. Hal ini membantu organisasi dalam memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan konsisten, andal, dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sertifikasi ISO 9001:2015 menjadi bukti independen bahwa organisasi telah memenuhi persyaratan standar internasional yang diakui secara luas. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan citra organisasi, dan membantu dalam memperoleh keunggulan kompetitif. Banyak perusahaan dan pihak ketiga mengutamakan pemasok atau mitra bisnis yang telah bersertifikat ISO 9001:2015.

ISO 9001:2015 memperkenalkan pendekatan berbasis risiko dalam manajemen mutu. Organisasi diharapkan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola risiko yang terkait dengan kegiatan mereka. Hal ini membantu dalam mengurangi risiko kesalahan, kegagalan, atau pelanggaran, serta meningkatkan kemampuan organisasi untuk mengantisipasi dan menangani perubahan dan tantangan yang muncul.

Alur Sertifikasi

×

Hallo!

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke info@ekualindo.com

× Layanan Sertifikasi Ekualindo