Perbandingan ISO 9001

Ketahui pebedaan dan perbandingan antara ISO 9001 dengan ISO 9000 berikut ini.

ISO 9001 dan ISO 9000 merupakan standar yang dikeluarkan oleh international organization for standardization yang memberikan standar untuk sistem management mutu (SMM).

Saat ini menjamin kualitas mutu akan produk yang dihasilkan menjadi tanggung jawab perusahaan. Kini perusahaan telah dituntuk untuk memberikan kualitas mutu terbaik sehingga dapat bersaing di pangsa pasar.

Menjamin dan menjaga kualitas mutu produk dan jasa juga akan sangat menguntungkan dan akan berdampak kepada meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

Walaupun masih sama-sama berfokus terkait dengan sistem management mutu, namun ISO 9001 dan ISO 9000 ini mempunyai sejumlah perbedaan dan perbandingan.

Baca juga : Apa itu ISO 9001

ISO 9001

ISO 9001 merupakan standar internasional yang berfokus kepada sistem management mutu. Suatu organisasi maupun perusahaan yang telah mendapatkan akreditasi ISO 9001, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem management mutu akan produk atau jasa yang telah dihasilkan.

Standar ISO ini dapat diterapkan di semua sektor skala bisnis baik kecil maupun besar dan apapun jenis produk maupun jasa yang dihasilkan.

Sistem management mutu ISO 9001 ini mengacu kepada pada apa yang perusahaan lakukan untuk mengelola proses serta aktivitas sehingga produk atau jasa telah memenuhi tujuan yang sudah ditetapkan, seperti :

    1. Memenuhi persyaratan kualitas pelanggan
    2. Sesuai dengan peraturan
    3. Tujuan perusahaan atau organisasi
    4. Sasaran mutu

Baca juga : 7 prinsip ISO 9001:2015

ISO 9000

ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem management mutu. Tujuan dari standar ISO ini adalah untuk menjamin agar standar-standar ISO ini tetap relevan bagi perusahaan maupun organisasi.

ISO 9000 mempunyai sejumlah standar yang telah dirumuskan, diantaranya :

    1. Adanya satu prosedur yang mencangkup semua proses bisnis
    2. Adanya pengawasan yang bertujuan untuk memastikan bahwa sistem telah menghasilkan produk yang berkualitas
    3. Adanya pemeriksaan terhadap barang-barang yang diproduksi

Baca juga : Manfaat bisnis melalui implementasi ISO 9001

Perbandingan ISO 9001 dengan ISO 9000

Berikut sejumlah perbedaan dan juga perbandingan antara ISO 9001 dengan ISO 9000, diantaranya :

    1. ISO 9001 – Quality management system (requirements), sedangkan ISO 9000 – Quality management system (fundamentals and vocabulary)
    2. ISO 9001 terdiri dari 10 klausul, sedangkan ISO 9000 hanya 7 klausul saja
    3. ISO 9001 bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mendapatkan standar ISO 9000, sedangkan ISO 9000 bertujuan untuk memastikan bahwa sistem management mutu telah sesuai dengan standar internasional.

Baca juga : Pengertian dan tujuan utama dari sertifikasi ISO 9001


PT. Ekualindo Artha Sinergi adalah Lembaga penilaian kesesuaian terkemuka di Indonesia. Konsultasikan kebutuhan sertifikasi ISO Anda bersama PT. Ekualindo Artha Sinergi dan dapatkan layanan yang efektif, professional, dan dengan harga yang terjangkau.

Informasi lebih lanjut dan penawaran menarik lainnya silahkan kunjungi website PT. Ekualindo Artha Sinergi, atau silahkan hubungi kami!

Segera Dapatkan Penawaran Sertifikasi Terbaik Sekarang!

Wujudkan perubahan yang lebih baik dan efisien untuk Perusahaan Anda. Temukan solusi dan kemudahan sertifikasi dengan proses cepat, tepat dan biaya terjangkau.

Posted in
ISO 9001
×

Hallo!

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke info@ekualindo.com

× Layanan Sertifikasi Ekualindo