smap iso 37001

Apa itu ISO 37001? ISO 37001 merupakan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Tujuan ISO 37001 adalah untuk menetapkan, menerapkan, dan meningkatkan program anti penyuapan yang dapat mencegah dan menangani risiko penyuapan di organisasi. Standar ini membantu organisasi mengendalikan penyuapan dengan menyediakan beberapa langkah yang penting, seperti penetapan kebijakan anti suap dan penunjukan petugas yang berwenang untuk mengawasi kepatuhan terhadap praktik anti penyuapan. 

Baca juga: Manfaat SMAP ISO 37001 dan Proses Sertifikasinya

Ruang Lingkup SMAP ISO 27001

Berdasarkan klausul 4.3 SMAP ISO 37001 terkait menentukan lingkup sistem manajemen anti penyuapan, organisasi yang menerapkan SMAP harus menentukan batas atau lingkup penerapan SMAP. Ruang lingkup ISO 37001 menggambarkan persyaratan untuk membangun, memelihara, menjalankan, mengkaji dan meningkatkan sistem manajemen anti penyuapan. 

Penetapan ruang lingkup SMAP bisa dilakukan pada tahapan awal yaitu sebelum implementasi SMAP ataupun saat pengembangan dokumen dan persyaratan lainnya untuk pemenuhan klausul ISO 37001. Dalam menetapkan ruang lingkup SMAP, organisasi harus mempertimbangkan hal-hal seperti:

  1. Hasil identifikasi isu internal dan eksternal organisasi (Klausul 4.1 SMAP ISO 37001 ).
  2. Hasil identifikasi kebutuhan dan harapan stakeholder organisasi. 
  3. Hasil penilaian risiko penyuapan. 

Ruang lingkup ISO 37001 berkaitan dengan aktivitas organisasi, yaitu mencakup: 

  1. Penyuapan di sektor publik, swasta, dan nirlaba.
  2. Penyuapan oleh organisasi.
  3. Penyuapan oleh personel yang bertindak atas nama organisasi atau untuk keuntungannya.
  4. Penyuapan oleh rekan bisnis dari sebuah organisasi yang bertindak atas nama organisasi atau untuk keuntungannya.
  5. Penyuapan oleh personel organisasi dan rekan bisnis sehubungan dengan aktivitas organisasi.
  6. Penyuapan langsung dan tidak langsung (seperti menawarkan atau menerima suap melalui atau oleh pihak ketiga).
  7. Standar ini berlaku hanya untuk penyuapan. 
  8. Standar ini tidak secara spesifik ditujukan untuk penipuan, kartel dan anti perserikatan/pelanggaran kompetisi, pencucian uang atau aktivitas lain yang terkait dengan praktik korupsi.
  9. Persyaratan dari standar ini bersifat generik dan dimaksudkan untuk dapat digunakan bagi semua organisasi (atau bagian dari organisasi), tanpa memperhatikan jenis, ukuran dan sifat dari aktivitas, baik untuk sektor publik, swasta atau nirlaba.

Alasan yang Mendasari Implementasi ISO 37001 dalam Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Beberapa alasan berikut ini menjelaskan tentang manfaat implementasi ISO 37001 dalam sistem manajemen organisasi:

  • Cara untuk mengantisipasi penyuapan

Dalam kasus investigasi hukum, ISO 37001 bisa membantu organisasi membuktikan tindakan yang tepat untuk mencegah korupsi. 

  • Organisasi menjadi semakin kompetitif

Sertifikasi anti penyuapan akan membuat organisasi semakin kompetitif karena daya saing yang meningkat. Sertifikasi menjadi sinyal yang kuat bagi klien dan pelanggan untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitasnya.

  • Hubungan dengan rekan bisnis semakin profesional

Salah satu aspek ISO 37001 di organisasi adalah uji ketuntasan, terutama untuk urusan peninjauan mitra bisnis. Implementasi sistem manajemen anti suap yang efektif akan memastikan bahwa organisasi tidak akan terkena pengaruh negatif jika terjadi masalah rantai pasok.

  • Pengaruh positif terhadap budaya perusahaan 

Budaya perusahaan yang positif dan selalu profesional akan membuat loyalitas karyawan, klien, mitra bisnis, dan pelanggan semakin meningkat.

Segera Dapatkan Penawaran Sertifikasi Terbaik Sekarang!

Wujudkan perubahan yang lebih baik dan efisien untuk Perusahaan Anda. Temukan solusi dan kemudahan sertifikasi dengan proses cepat, tepat dan biaya terjangkau.

Posted in
ISO 37001
×

Hallo!

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke info@ekualindo.com

× Layanan Sertifikasi Ekualindo