tahapan penerapan iso 27001 di perusahaan

Apa itu ISO 27001? – ISO 27001 adalah standar Internasional yang digunakan sebagai pedoman untuk menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau yang lebih dikenal dengan Information Security Management System (ISMS). Perusahaan yang menerapkan standar ini akan terbantu dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi. Simak penjelasan terkait tujuan, manfaat dan tahapan penerapan ISO 27001 di Perusahaan berikut.

Baca juga: Apa Itu ISO 27001? Ketahui Manfaatnya untuk Perusahaan

Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan ISO 27001?

ISMS ISO 27001 membahas tentang standar internasional keamanan informasi ditujukan untuk mengelola, mengendalikan dan melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality) integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi dari risiko keamanan yang mengancam. Berikut alasan mengapa Perusahaan perlu menerapkan ISO 27001.

  • Pengukuran pengamanan yang digunakan dalam ISMS harus diimplementasikan sebagai hasil dari analisa risiko untuk mengeliminasi dan mengurangi level risiko hingga level yang bisa diterima.
  • Semua kegiatan harus sesuai dengan tujuan dan proses pengamanan informasi yang didefinisikan dengan jelas dan didokumentasikan dalam suatu kebijakan dan prosedur.
  • Standar ini memberikan kendali pengamanan yang bisa digunakan oleh organisasi untuk diimplementasikan berdasarkan kebutuhan spesifik bisnis.
  • Melalui audit dan review, semua proses akan diverifikasi secara berkelanjutan, khususnya terhadap semua elemen sistem pengamanan.
  • Suatu proses harus memastikan perkembangan berkelanjutan dari semua elemen informasi dan sistem manajemen pengamanan dengan mengadopsi model PDCA (Plan-Do-Check-Act).

Manfaat ISO 27001 untuk Perusahaan 

Dengan mengimplementasikan ISO 27001 akan membantu perusahaan mengelola keamanan aset seperti informasi keuangan, kekayaan intelektual, rincian karyawan atau informasi yang dipercayakan oleh pihak ketiga. Hal ini bisa membantu usaha kecil, menengah dan besar di sektor apapun menjaga aset informasi tetap aman.

ISO 27001 memberikan beberapa manfaat, seperti:

  • Mengantisipasi cyber attack.
  • Melindungi semua informasi yang dimiliki karyawan dan konsumen atau klien, baik berupa data digital, hardcopy maupun Cloud.
  • Meminimalisir anggaran keamanan informasi karena perusahaan hanya menerapkan kontrol keamanan yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Membantu menarik klien baru dan mempertahankan klien yang ada.
  • Meningkatkan branding dan kredibilitas perusahaan.
  • Meningkatkan kepatuhan dalam bekerja karena terdapat standar yang sudah ditetapkan.

Tahapan Penerapan ISO 27001 di Perusahaan

Berikut penjelasan sejumlah tahapan implementasi ISO 27001 di Perusahaan.

  • Gap Analysis

Gap analysis merupakan tahapan dimana perusahaan mengukur sejauh mana penerapan ISO 27001 sudah dilakukan termasuk mengidentifikasi hambatan yang membuatnya kurang maksimal. Sehingga Perusahaan dapat melakukan perbaikan dengan cara yang tepat.

  • Kajian risiko 

Kajian risiko dilakukan untuk mengetahui risiko-risiko apa saja yang bisa mengancam informasi di Perusahaan. Hasil kajian risiko bisa digunakan sebagai dasar dalam melaksanakan mitigasi yang paling tepat untuk melindungi informasi Perusahaan..

  • Penyusunan dokumen 

Perusahaan bisa menyusun dokumen dalam setiap kegiatan mitigasi risiko sebagai hasil dari kajian risiko. Dokumentasi bisa diterapkan secara konsisten oleh perusahaan untuk seterusnya.

  • Implementasi 

Pada tahap ini organisasi melaksanakan implementasi berdasarkan dokumen yang sudah disusun se­belumnya. Sehingga semua gap yang sudah teridentifikasi pada ta­hap awal bisa ditangani dengan benar.

  • Internal audit 

Internal audit dilakukan oleh internal perusahaan dengan menunjuk orang yang dinilai memiliki kompetensi di bidangnya. Yaitu dengan cara internal assessment, sehingga bisa diketahui progres implementasi yang sudah dilakukan dan menentukan tindakan perbaikan yang perlu dilakukan.

  • Persiapan audit sertifikasi

Tujuan dari persiapan audit sertifikasi adalah melakukan persiapan secara men­tal dan teknis agar bisa menghadapi audit sertifikasi.

  • Audit sertifikasi

Audit sertifikasi dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas maupun kes­esuaian sistem keamanan informasi di Perusahaan terhadap persyaratan ISO 27001.

  • Perbaikan berkelanjutan

Jika sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menerapkan standar ISO 27001 dengan melaksanakan perbaikan berkelanjutan. Tahap ini memerlukan kerjasama semua bagian di organisasi dan tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada divisi atau departemen IT saja.

Segera Dapatkan Penawaran Sertifikasi Terbaik Sekarang!

Wujudkan perubahan yang lebih baik dan efisien untuk Perusahaan Anda. Temukan solusi dan kemudahan sertifikasi dengan proses cepat, tepat dan biaya terjangkau.

Posted in
ISO 27001
×

Hallo!

Klik sekarang untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke info@ekualindo.com

× Layanan Sertifikasi Ekualindo